"WELCOME TO MY BLOG"

Pages

Rabu, 16 November 2011

SUMBER DAYA EKONOMI

· Sumber Daya Ekonomi adalah alat yang digunakan untuk memenuhi  kebutuhan hidup manusia, berupa barang atau uang.
· Sumber Daya Ekonomi di bagi menjadi  4 yaitu :                                                         

1.      Sumber Daya Alam
Adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam baik langsung maupun tidak langsung dapat diguanakan manusia dalam kegiatan memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran.                                                                                                                     Contoh : Diperbaiki              : Tanah dan  air.                                                                                                                                                                      Tidak diperbaiki   : Bahan  tambang                                                         seperti batu                                                       bara, mineral.  Cara memanfaatkan             : Memupuk, mengelola,  merawat,menjaga dan mengairi


2.      Sumber Daya Manusia
Adalah segala kegiatan manusia baik fisik atau rohani yang ditunjukkan untuk keperluan produksi.   
Contoh                                       : Tenaga kerja                                                        rohani, tenaga kerja terdidik tenaga kerja tidak terdidik,                   dan tenaga kerjaterlatih.           
Cara memanfaatkan              : Berlatih lebih                                                          keras, berusaha                                                          lebih maju.


3.      Sumber Daya Modal
Adalah sumber daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang dan digunakan untuk membantu kegiatan produksi.                                                               Contoh                             : Modal tetap, modal                                               lancar, modal                                               individu dan modal                                                asing.      
Cara memanfaatkan              : Menggunakan                                                         modal sesuai                                                          kebutuhan.


4.Sumber Daya Kewirausahaan      
       adalah semangat, sikap, dan perilaku        seseorang dalam menangani usaha atau        kegiatan ekonomi sehingga bisa menghasilkan        keuntungan.
       Contoh                       : memiliki mental kuat                                             dan pemberani, mampu                                             melihat peluang bisnis,                                             pandai memimpin                                             perusahaan.
       Cara memanfaatkan  : meningkatkan semangat                                            agar mendapat                                           keuntungan lebih banyak          
                         

2 komentar:

Ninis Emilati mengatakan...

Tiko kamu anak yang cerdas. Berlatihlah dan belajar lebih giat lagi agar mendapatkan hasil yang lebih baik. NILAI kali ini 70..

Ninis Emilati mengatakan...

tiko...ayo..belajar dan belajar agar tidak ketinggalan dengan yang lain

Posting Komentar